Blog Review Spesifikasi Terbaru

Pengertian Proses Pencernaan Makanan pada Manusia

by Bayu , at 10.06
Mansda Pedia - Pada awal pelajaran biologi semester 2 kelas XI ini, Anda akan mempelajari bab tentang sistem pencernaan makanan pada manusia. Pada dasarnya memang semua makhluk hidup mau tidak mau harus memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mengkonsumsi makanan. makanan tersebut diuraikan di dalam sistem pencernaan makanan pada manusia kemudian di proses dan dijadikan sebagai sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, dan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh kita.

A. Pengertian Sistem Pencernaan Manusia

Pencernaan makanan manusia ialah proses mengubah makanan dari ukuran yang lebih besar menjadi ukuran yang lebih kecil dan lebih halus, untuk memecah molekul makanan yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana dengan menggunakan enzim dan juga organ-organ pencernaan makanan. Pada dasarnya proses pencernaan manusia terbagi menjadi 2 bagian yaitu:

1. Proses pencernaan makanan secara mekanik

Proses pencernaan makanan secara mekanik adalah proses mengubah bentuk makanan dari ukuran besar/kasar menjadi ukuran kecil/halus dengan menggunakan gigi. Proses pencernaan makanan mekanik biasanya terjadi pada mamalia dan manusia.

2. Proses pencernaan makanan secara kimiawi (enzimatis)

Proses pencernaan makanan secara kimiawi ialah proses perubahan zat makanan yang kompleks menjadi zat makanan yang lebih sederhana dengan bantuan enzim. Enzim adalah zat yang dihasilkan oleh organ tubuh yang berfungsi untuk mempercepat proses reaksi kimiawi yang ada di dalam tubuh.


Proses pencernaan makanan pada manusia ini melibatkan beberapa alat-alat pencernaan makanan. Alat-alat pencernaan manusia adalah organ-organ tubuh yang berperan penting untuk mencerna makanan yang akan kita makan. Alat pencernaan dibedakan menjadi 2 yaitu saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Kelenjar pencernaan manusia menghasilkan enzim-enzim untuk mempercepat proses pencernaan secara kimiawi. Kelenjar pencernaan manusia terdiri dari kelenjar air liur, kelenjar getah lambung, hati, dan pankreas. Pada artikel ini akan kami bahas satu per satu proses pencernaan yang terjadi pada saluran pencernaan makanan manusia.

B. Saluran Pencernaan Manusia

Yups, saluran pencernaan manusia adalah saluran yang mencerna makanan yang datang dari luar menuju ke dalam tubuh melalui proses pencernaan yaitu pengunyahan, penelanan, dan penyampuran dengan bantuan tubuh dari mulut sampai masuk ke dalam anus. Saluran pencernaan terdiri dari beberapa organ pencernaan secara urut dari atas sampai ke bawah diantaranya mulut (cavum oris), kerongkongan (esofagus), lambung (ventrikulus), usus halus (intestinum), usus besar(colon) dan anus. Berikut ini adalah gambaran dari saluran pencernaan manusia




1. Mulut

Pada mulutlah proses pencernaan makanan dimulai, di dalam rongga mulut (cavum oris) ini terdapat organ-organ pencernaan yang memiliki peran masing-masing yaitu gigi, lidah, dan kelenjar air ludah (air liur). Nah, didalam rongga mulut inilah terjadi 2 proses pencernaan makanan yaitu secara mekanik dan kimiawi. Organ-organ yang ada di mulut yaitu:

a.  Gigi

Gigi merupakan salah satu organ pencernaan yang perannya cukup penting, karena peran gigi disini untuk mengunyah dan menghaluskan makanan sehingga mempermudah enzim-enzim untuk mencerna makanan lebih cepat.

Secara umum gigi dibagi menjadi 3 bagian yaitu mahkota (korona), leher gigi (kolum), dan akar gigi (radiks). Gigi memiliki 4 macam yaitu gigi seri, gigi taring, gigi geraham depan dan gigi geraham belakang. Mahkota gigi ialah gigi yang tampak dari luar. Setiap jenis gigi memiliki bentuk mahkota yang berbeda-beda. Pada dasarnya bentuk gigi mencerminkan fungsi yang bervariasi dari setiap jenis gigi. Gigi taring bentuknya seperti pahat yang runcing yang fungsinya untuk merobek makanan , gigi seri bentuknya seperti pahat fungsinya untuk memotong dan menggigit makanan , sedangkan bentuk gigi geraham agak silindris dengan permukaan yang lebar datar dan berlekuk-lekuk ini berfungsi untuk mengunyah makanan.

Leher gigi merupakan bagian dari gigi yang dilindungi oleh gusi, sedangkan akar gigi merupakan bagian gigi yang tertanam pada rahang. Bila kita amati bagian penampang gigi akan tampak seperti gambar berikut ini







Demikian artikel pengertian proses pencernaan makanan pada manusia, 
Pengertian Proses Pencernaan Makanan pada Manusia
About
Pengertian Proses Pencernaan Makanan pada Manusia - written by Siswa MANSDA , published at 10.06, categorized as Biologi
Comment disabled
Copyright ©2013 Review Produk by Siswa MANSDA
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger